Featured Post

High School Ends

7 bulan ga bikin postingan. Udah lama ya.. hahaha

So iya gua tau topik ini udah basi banget, but, hey, I've waited it for very long time. lebay deng cuman 3 tahun nunggunya. Jujur emang pertama kali dengerin lagu Taylor Swift yang Fifteen(ya dulukan masih 14 tahun) rasanya pengen cepet-cepet sma, trus kata orang-orang sma itu masa-masa yang paling indah. Akhirnya gua bener-bener percaya gitu dan menaruh ekspektasi tinggi. Alhasil....

YES!

Masa SMA emang masa-masa yang paling indah. Tapi, dibalik keindahannya juga ada hal-hal yang ngga indah. Entah salah siapa, sekolahnya atau orangnya. well, postingan ini fokusnya lebih ke hal-hal yang ngga indahnya sih, tapi kalo ntar nyambung ke yang indah-indah maaf keun. 

Jadi kenapa gua bilang ada yang ga indahnya,
lo mungkin pernah denger kalimat "Masa SMA itu masa-masanya lo nyari jati diri", dan ya menurut gua bener karena gua ngerasain yang namanya nyari jati diri. nyari lo beneran, gua gali tanah sambil tereak-tereak "jati diri dimana kamu, eh ada semut, semut semut kecil.." (oke gajelas). Nah masa pencarian itulah yang dimana gua ketemu yang aneh-aneh. Saat gua penjurusan, gua bener-bener gatau mau kemana, ipa atau ips, setiap ditanya jawabnya "kalo ada jurusan bahasa, gua ambil bahasa" tapi karena gaada ya ga mungkin ambil jurusan bahasa. Ya akhirnya sampai lah pada titik dimana setiap anak diberi kertas yang bertuliskan pernyataan jurusan. Kalo gasalah gini tulisannya:

Saya memilih jurusan ipa/ips apabila saya tidak diterima dalam jurusan tersebut maka saya bersedia/tidak bersedia pindah ke jurusan ipa/ips (coret yang tidak perlu)

Gua bingung, dan tadinya mau ngga ngisi, tapi berat hati jadinya gua kasih bokap. kalo gasalah waktu ngisi itu juga ada kakak gua. akhirnya gua diisiin, gua pilih jurusan ipa, dan tidak bersedia pindah ke jurusan ips. kurang lebih gitu bunyinya. Gua hanya ngangguk karena kalo mau diganti ya juga tetep aja hasilnya. Setelah gitu, akhirnya rapot, gua jadi lebih berharap masuk ipa, mungkin juga sugesti, jadi gua "pengen" ipa. Eh dapet ipa, ya gua bersyukur, lebih tepatnya bersyukur masih naik kelas. Pas masuk, minder berat, karena dude this is science class, nilai-nilai gua aja gaada yang sangat baik, dan gua berpikir "I'll get through this". Tiba-tiba, salah satu temen sekelas gua pindah ke ips, gua jadi bimbang apa gua juga ikut aja ya? bukan karena temen sih lebih ke nyari "aman" pindah ke ips. Gua mengundurkan niat gua. So gua tetep di ipa. 

Few months later..

dude, i don't get any of this. gua nyambung tapi kayak ga nyambung. Kayak cuman lewat kayak angin. wush.. yaudah akhirnya gua remed-remed aja terus ya kkm kkm nilainya dan selalu bilang at least cukup buat naik kelas. dan mulai menghitung hari kapan lulus. Udah ini belom kelar, ditambah masalah internal. yang dimana bikin gua depressed, awalnya gua bisa handle, tapi makin lama makin ganggu. The end of the second grade gua ngerasa lebih tenang karena akhirnya liburan. dan masih bisa naik kelas. Gua udah ngebuang harapan gua buat snmptn karena nilai gua yang bener-bener biasa aja. parah. ngga gua ngga ngerendah. gih cek. (mulai ngomong sendiri). Dan kelas tiga semakin parah.

This is the end.

Kelas tiga bener-bener makin parah, masalah internal itu makin menguasai gua. Semakin depressed lah gua, akhirnya gua minta untuk pergi ke psikolog, gua ngga cerita kenapa atau cerita tentang my depression, gua cuman bilang gitu aja. So akhirnya gua ke sana, dan malah test psikologi untuk nentuin minat bakat which saat itu bukan prioritas gua karena gua udah nemuin. tapi ada manfaatnya sih karena keluarga gua jadi tau gua maunya apa tanpa harus gua yang bilang. dan gua akhirnya baru ke psikiater (dude, psikiater bukan buat orang gila doang, dia sama kayak psikolog cuman bisa ngasih resep obat). Akhirnya gua udah ngobrol dan gua dikasih obat. well i did take a few times but i stopped because i forgot why. dan it doesn't help. bener-bener kayak awan gelap rasanya. gloomy. tired all the time. i did something to myself. and i regret it. for months i've had those feelings. and I hated it. akhirnya gua nemuin titik terang. I felt more alive. Gua berusaha buat ngejar ketinggalan gua, tapi ternyata gua ketinggalan banyak hal, alhasil gua berharap aja masih bisa lulus. dan hey, I graduated from this black hole!

(Why black hole? karena gua ngerasa sekolah memiliki ekspektasi yg tinggi ke murid-muridnya. like too much pressure. walau gua ngerti itu juga baik buat murid. tapi ngga semua murid suka dikasih banyak pressure (pointing at myself). apalagi kalo di rumah juga sama digituin. dari diri sendiri tambah-tambah lagi. seperti lo harus selalu good mood di sekolah buat nerima omongan-omongan nyelekit motivasi. pada saat yang bersamaan gua ngga seperti itu. dan jadinya ngerasanya masuk ke black hole.)

Back to graduation, yep, gua udah lulus. dan gua ngeliat masa-masa yang buruk itu. dan gua nyoba nyingkirin dan inget-inget masa-masa indah gua. dan itu yang mau gua bawa terus. Gua ngga boong kalo sma itu adalah masa-masa yang indah. karena sekalinya lo udah lulus lo gaakan jadi siswa sma lagi. yang buruk jadi pelajaran, yang indah jadi kenangan.. azek. udah ah intinya gua udah lulus. hahaha 

Comments